CARA MUDAH MEMBUAT RAGAM HIAS KERAJINAN KERAMIK

By 11:23 PM



Proses Pembuatan
Proses Pengolahan Tanah Liat Proses pengambilan dan pengolahan tanah liat dilakukan disekitar lingkungan tempat tinggal para pengrajin. Hal ini disebabkan karena jenis tanah liat yang ada di Desa Sandi adalah termasuk jenis tanah liat yang baik digunakan






Gambar 1.
Beberapa Jenis alat yang digunakan untuk membuat Ragam hias untuk membuat keramik. Proses pengolahan tanah liat dimulai dengan pengambilan dari lokasi selanjutnya diolah dan disimpan pada tempat yang telah disediakan. Pembentukan Keramik Proses pembentukan keramik dimulai dengan pembentukan bodi sesuai dengan ide atau keinginan pengrajin. Ide ini biasanya dituangkan dulu diatas kertas gambar. Setelah terbentuk selanjutnya dijemur hingga kering, Kemudian diamplas hingga halus dan licin. Adapun Pembentukannya adalah:
1) Pembakaran Keramik, tahap pembakaran keramik dimulai dengan meletakkan benda-benda keramik kedalam tungku pembakaran dengan posisi yang tidak boleh bersentuha satu sama yang lainnya agar proses pembakaran bisa maksimal. Setelah dibakar selanjutnya dikeringkan atau diangin-anginkan.
2) Finishing, proses penyelesaian akhir (Finishing) pada keramik dimulai dengan membersihkan barang keramik yang selesai dibakar dimulai dengan membersihkan sisa-sisa pembakaran. Setelah dibersihkan kemudian keramik tersebut dicat dasar baru kemudian diamplas lagi hingga halus kemudian selanjutnya siap dihiasi agar keramnik lebih menarik dan menambah nilai artistik. Bahan dan Alat yang digunakan Bahan yang dibutuhkan antara lain bahan pokoknya adalah tanah liat sedangka bahan pelengkapnya berupa pasir, air dan cat beserta campurannya (dammar, Spiritus dan bensin), kemudian alat yang dibutuhkan antara lain putaran tangan dan kaki, sekop, gerobak, baskom, keranjang, papan pengalas, pisau ukir, kuas, amplas, tungku, pensil dan kertas. Bentuk Ragam Hias Kerajinan Keramik Produk-produk kerajian keramik yang dihasilkan pada usaha-usaha kerajinan keramik di desa sandi sebenarnya tidak memiliki makna tertentu, melainkan hanya sebuah hiasan dan pelengkap bentuknya semata. Ide atau gagasan pembuatan motif ragam hias kerajinan keramik hanya didasarkan pada kebutuhan pasaran sehiingga para pengrajin tidak tidak harus memberi makna pada ragam hias kerajinan keramiknya. Keragaman motif ragam hias didasarkan

pada ide perseorangan, disamping juga memadukan dari motif ragam hias luar lokasi desa Sandi. Adapun motif ragam hias yang diterapkan meliputi:
1) Motif ragam hias geometris. Dengan ciri-ciri antara lain : Ragam hias geometris yang dipakai untuk menghiasi bagian tepai atau pinggiran dari suatu bagian benda, Ragam hias geometris sebagai inti atau sebagai inti atau bagian yang berdiri sendiri dan merupakan unsur estetis dalam bentuk ornamen arsitektural. Untuk lebih jelasnya lihat gambar.
2) Motif ragam hias tumbuhan. Ragam hias kelompok ini menampilkan suatu pokok yang berasal dari tumbuhan atau flora. Bentuk ragam hias diciptakan dengan pengalihan bentuk asal seperti daun, bunga, pohon serta buah. Di sini bentuk disederhanakan sedemikian rupa sehingga perwujudannya menjadi hiasan.
3) Motif ragam hias binatang. Ragam hias yang mengambil objek binatang sebagai motif. Ragam hias binatang dijadikan sebagai motif karena selain nilai keindahannya, juga tidak terlepas dari makna atau simbol tertentu.
4) Motif ragam hias manusia. Ragam hias ini mengambil motif manusia sebagai objek. Sama halnya motif binatang, motif manusia diambil sebagai objek disamping karena sebagai pencipta motif ragam hias, ia juga tampil dengan bentuk-bentuk pendekatan dirinya terhadap nenek moyangnya.
5) Motif ragam hias dekoratif. Ragam hias dekoratif kiranya dapat mengimbangi selera pemakai, misalnya pemakai warna-warna pada suatu bidang tertentu sebab ia muncul pada saat orang mencari kepuasan sudut lain, juga dimanfaatkan oleh orang sebagai media estetika pada berbagai jenis benda.
6) Motif ragam hias poligonal. Ragam hias ini menggunakan garis-garis sebagai unsur pembentukan hiasan seperti bentuk tumpal, segi empat, segi enam, dan sebagainya.



BERAMALLAH DENGAN MENGKLIK IKLAN DIATAS POSTINGAN


cara membuat kerajinan keramik | kerajinan keramik wikipedia | kerajinan anyaman | kerajinan keramik kasongan | kerajinan keramik adalah | kerajinan keramik plered | kerajinan keramik dinoyo
pengertian kerajinan keramik | cara membuat kerajinan keramik dari tanah liat | cara membuat kerajinan tangan dari kertas | cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel | cara membuat kerajinan dari barang bekas | cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dibuat
cara membuat kerajinan dari barang bekas botol | cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas sederhana | cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas cantik


reff : http://tusuksatebamboe.blogspot.com/2015/10/ragam-hias-kerajinan-keramik.html


Related Post



0 comments

Gallery