MENGENAL BEBERAPA JENIS PAYET (SULAM PAYET INDIA)

By 8:50 PM

Ada berbagai macam bentuk payet yang biasa digunakan untuk sulam payet, yaitu:

PAYET PASIR


Payet pasir. Payet ini bentuknya bulat kecil dan ada berbagai ukurannya.

PAYET PIRING

Payet piring. Ada dua jenis, piring flat dan mangkuk.

PAYET BATANG

Payet batang. Berbentuk silinder dan panjangnya bervariasi.

PAYET MANIK-MANIK
 Payet manik-manik. Jenis payet ini memiliki bentuk dan ukuran bermacam-macam. Beberapa bentuk yang unik, contohnya airmata, beras, tabung, mutiara, bunga, padi, jantung, daun, dan lain-lain.

PAYET JEPANG
 Payet jepang : Warnanya bagus dan mengilap bila terkena cahaya. Warna juga awet walaupun sering dicuci atau terkena setrika. 2. Kualitas payet bagus karena memiliki ukuran dan bentuk sama, sehingga tidak perlu disortir untuk pemakaiannya. 3. Harganya terbilang lebih mahal.

PAYET TAIWAN
Payet taiwan : 1. Warna kurang mengilap dan tidak tahan-lama jika sering dicuci atau terkena setrika. 2. Kualitas payet kurang bagus karena ukuran dan bentuk tidak sama dalam satu model. Begitu pula lubang payetnya ada yang besar dan kecil, terkadang tidak bisa digunakan. 3. Payet harus disortir dulu sebelum dipakai. 4. Harga jauh lebih murah. 

PAYET INDIA
Payet india : 1. Warna payet terlihat etnik dan netral, tidak berkilap. 2. Jika dipakai akan memberi kesan etnik. 3. Ada beberapa jenis lempeng ukiran juga payet plastik. 4. Ada juga benang per (melingkar) yang dipakai untuk sulam payet jenis ini. 

Sumber :
Buku Sulam Payet India
By Jacinta Harsi laksmini
Penerbit Demedia

DOWNLOAD

reff : http://tusuksatebamboe.blogspot.com/2015/10/mengenal-beberapa-jenis-payet-sulam.html


Related Post



0 comments

Gallery