Beberapa Cara Membuat Kalung yang Sederhana

By 9:54 AM

Kalung adalah salah satu aksesoris wanita yang tidak bisa lepas untuk dipadu padankan. Kalung yang semakin bervariasi menimbulkan inspirasi dan kreasi untuk wanita. Namun, kadang kalung yang beredar di pasaran tidak sesuai dengan selera tiap orang.

Untuk itu terkadang kita menginginkan kalung yang sesuai dengan keinginan kita agar tetap terlihat gaya modis. Nah, kali ini kita akan coba membuat kalung sendiri dengan beberapa bahan sederhana seperti aksesoris rantai atau manik-manik.

Cara Sederhana Membuat Kalung


Berikut dua cara membuat kalung Manik-manik yang sederhana dan bisa disesuaikan untuk fashion Anda masing-masing.

1. Membuat Kalung Manik-Manik

Cara Membuat Kalung


Bahan yang dibutuhkan:
  • manik-manik ukuran kecil
  • tali kenur
  • gunting
  • jarum
  • pinset
  •  rantai
  • bead tips
  •  kunci rantai

Berikut langkah-langkah dalam membuat Membuat Kalung Manik-manik Sendiri:


Cara Membuat Kalung manik-manik


1. Pertama, potong tali kenur sepanjang 40 cm sebanyak 9 helai, lalu masukkan manik-manik kedalam tali kenur dengan bantuan jarum sepanjang 30 cm
2. Selanjutnya, pisahkan menjadi 3 bagian, ikan simpul dengan menggunakan bead tips di setiap ujungnya lalu jadikan satu dengan menggunakan kunci rantai.
3. Setelah itu buat kepang.
4. Bila dirasa kurang panjang, bisa ditambahkan dengan rantai external di belakangnya.


2. Kalung Rantai

Cara Membuat Kalung


Bahan :
  • - Seuntai rantai panjang 80cm, atau bisa juga kita gunakan 2 variasi jenis rantai yang berbeda masing-masing sepanjang 40 cm. Pilih yang mata rantainya besar agar muat diselipin tali.
  • - tali suede panjang 1.5 ? 2meter
  • - kaitan udang/lobster claps
  • - ring.

Sementara untuk peralatannya cukup menggunakan gunting dan tang pipih atau lebih dikenal dengan istilah flat nose plier

Cara Membuat kalung Sendiri dengan bahan Rantai :
1. Selipkan tali suede pada mata rantai pertama, pastikan tali suede terbagi dua sama panjang. Agar kuat, lilit dua kali pada bagian paling ujung, mengikat kedua sisi rantai tadi.
2. Selipkan ujung tali kanan ke mata rantai sebelah kiri, sementara ujung tali kiri ke mata rantai kanan.
3. Lakukan terus menerus, saling silang, seperti tampak pada gambar di atas ini. Kalau tali yang kita gunakan berukuran lebih tebal, misal satu ikat benang wool, maka bagian tali yang saling menyilang ini akan berbentuk kepang ekor kuda yang cantik.
Pada langkah ini pastikan bahwa posisi mata rantai sejajar, sebaiknya jepit di atas telapak tangan speerti posisi gambar diatas, ini akan memudahkan kita untuk memastikan posisi mata rantai sudah tepat.
4. Saat kita sudah sampai pada bagian mata rantai yang paling ujung, lakukan simpul mati dengan cara membuat ikatan seperti tampak pada gambar. Apabila tali suede masih tersisa, kita bisa menjadikannya sebagai aksen kalung dengan menambahkan liasan, liontin ataupun manik2 pada ujung tali suede, atau memilih cara kedua memotong sisa tali dengan bantuan gunting.
5. Kita cukup menambahkan ring dan kaitan udang di kedua sisi kalung, dan kalung retro cantikpun sudah siap melengkapi penampilan kita sehari-hari.

Lihat Juga Cara Membuat Jilbab Lukis

Demikian dua kreasi membuat Kalung sendiri di atas bisa dicoba di rumah dengan bahan yang mudah didapat.
.

reff : http://www.perempuanmodis.net/2015/05/cara-membuat-kalung-simple.html


Related Post



0 comments

Gallery